Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 4

Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 4

Cara membuat game 2D platformer dengan unity – Halo sobat, postingan ini adalah lanjutan dari tutorial series saya sebelumnya tentang proses pembuatan game 2D platformer sederhana menggunakan unity. Nah, pada tutorial part 3 kemarinkan kita telah belajar bagaimana menggunakan Tilemap System yang tersedia pada unity versi 2017 ke atas.



Jadi pada part 4 ini kita akan menambahkan beberapa komponen lagi untuk tilemap yang telah kita buat kemaren agar collider pada tilemap dapat lebih teroptimize dan terlihat lebih rapi. Setelah itu kita lanjutkan lagi dengan membuat jebakan untuk player agar saat player terkena atau menyentuh jebakan ini maka game akan berakhir (game over) atau diulangi lagi (restart).

Tapi sebelum itu, berikut adalah ss dari tutorial sebelumnya yang mana dapat kita lihat bahwa collider (garis yang warna hijau) yang ada pada tilemap / pijakan kita terlihat sangat penuh sekali dan berbentuk kotak – kotak.

Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity

Jadi untuk merubah collider kita agar tidak terlihat seperti di atas caranya yaitu dengan menambahkan komponen Composite Collider 2D pada tilemap kita, dan berikut adalah langkah – langkahnya.

NOTE : untuk yang belum lihat tutorial sebelumnya dapat sobat lihat pada link berikut :

Cara Menambahkan Komponen Composite Collider 2D  

• Untuk cara menambahkannya sobat bisa lihat pada gambar di bawah.

Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana

• Setelah kita tambahkan komponen ini maka nanti otomatis juga akan menambahkan komponen Rigidbody 2D juga pada gameobject tilemap kita.


• Tapi kok masih juga belum berubah collidernya mas, iya benar sobat. Untuk itu kita lanjutkan lagi kelangkah selanjutnya yaitu dengan menceklis pilihan Used By Composite pada komponen Tilemap Collider 2D dan jangan lupa juga pada komponen Rigidbody 2D nya kita pilih Static pada bagaian Body Type, hal ini dilakukan agar nanti pijakan kita tidak jatuh ke bawah ketika game kita mainkan / Play.


• Setelah kita melakukan beberapa langkah tadi maka collider pada tilemap kita hasilnya akan menjadi seperti berikut.


• Bagaimana sobat, jadi terlihat lebih mantul bukan :D
• Kita lanjutkan lagi ke tahap selanjutnya sobat, yaitu membuat sebuah jebakan untuk player.

Cara Membuat Jebakan / Trap Sederhana Untuk Player 

• Pertama kita siapkan dulu sprite yang akan kita gunakan sebagai jebakan, lalu kita drag and drop sprite tersebut kedalam scene.


• Jangan lupa sesuikan juga posisikan jebakan kita pada area yang sekiranya cocok dengan environment yang ada pada game kita.

• Kita tambahkan komponen Box Collider 2D pada gameobject jebakan yang baru saja kita letakkan di dalam scene, juga jangan lupa untuk menceklis pilihan Is Trigger.


• Selanjutnya kita buat satu script baru dengan nama Spike


• Buka script spike.cs yang telah kita buat tadi dan tambahkan beberapa kode program berikut


• Pada kode program di atas bertujuan untuk mengecek apakah game object jebakan tertabrak dengan game object lain atau tidak, jika benar tertabrak dengan game object lain maka jebakan akan mengecek nama tag pada game object yang menabrak jebakan tersebut. Dan jika ternyata game object lain yang menabrak jebakan memiliki nama tag Player maka game akan diulangi kembali.

• Oke sebelum kita play dan melihat hasilnya kita pastikan dulu bahwa script Spike.cs sudah kita tambahkan pada jebakan. Caranya yaitu dengan drag and drop script Spike.cs kedalam game objek jebakan.

• Dan kita pastikan juga pada Player kita sudah diganti nama Tagnya dengan nama “Player”


• Kalau sudah, sekarang kita coba Play sobat dan lihat hasilnya.

Bagaimana sobat tutorialnya, semoga dapat bermanfaatnya. 

Oh iya sobat, tutorial series platformer ini berakhir sampai pada part 4 ini saja sobat, karena saya rasa sudah cukup banyak tutorial platformer yang tentunya lebih bagus di internet sana. 

Loh kenapa kok cuman 4 mas, kan masih sedikit banget yang dibahas?

Iya pembahasan yang ada ditutorial series platfomer ini memang masih sedikit banget sobat, dan tutorialnyapun ini hanya sebatas untuk pemula saja.  

Dan juga, sayakan update tutorial series ini sangatlah tidak terjadwal dan jaraknya lama sekali. Jadi, saya takut menghambat proses belajar sobat, jika ada sobat yang hanya menunggu tutorial series platformer dari saya ini.

Sekali lagi saya mohon maaf banget karena tutorial series ini updatenya sangat lama enggeh?
Tapi jika sobat masih tetap ingin melanjutkan belajar membuat game platformer ini, dan masih bingung untuk proses selanjutnya. Jangan ragu – ragu untuk langsung menghubungi saya melalui email atau wa saya sobat. 

Untuk informasi detail kontak dan emailnya dapat sobat lihat pada halaman Contact Us.
Terakhir saya ucapkan terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi pada tutorial – tutorial saya selanjutnya sobat :D 

9 Responses to "Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 4"

  1. Punya ane kok gak mau jalan sama lompat ya gan? Mahon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek lagi di script Player dan di Inspectornya gan mungkin masih ada beberapa komponen yang belum di tambahkan, jika masih tetap bingung bisa japri saya langsung gan, saya siap membantu

      Delete
  2. Tutorialnya bagus..

    Lanjutin lagi dong kak admin..
    Misalnya...
    Cara membuat musuh / enemy..
    Sekalian script untuk musuhnya..(saya pingin tau..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya siap, ditunggu aja gan.. saya juga minta do'a nya gan supaya saya bisa aktif ngeblog lagi :)

      Delete
  3. Terima kasih banyak mas atas ilmu nya.. semoga berkah ilmu yang di share, ditunggu kalo ada update nya :)

    ReplyDelete
  4. Terimkasih tutorialnya... sangat bermanfaat. Tapi kenapa ya player saya tidak bisa melompat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum bisa melompat, coba di cek lagi Script dan semua properti yang digunakan untuk lompat udah benar atau belum mas, kalau script ya udah benar coba juga cek di game object nya yang di Inspector pada bagian LayerMask udah di cek apa belum

      Delete
  5. Replies
    1. Waktu buat tutorial ini saya pakai Unity yang Versi 2017 mas,

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel