Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 2 - Membuat GameObject

Membuat GameObject
Membuat GameObject - Halo sobat beelancah! Melanjutkan postingan yang kemarin malam, pada kesempatan ini kita akan belajar membuat sebuah game object di unity.

Oh iya sobat, kalau yang saya baca dari www.unity3d.com yaitu setiap object di dalam game kita adalah sebuah GameObject atau menurut id.tutorialnetworks.com GameOject dapat di artikan juga sebagai semua benda yang tampil didalam Scene atau yang berada didalam panel Hierarchy.

GameObject

Di Unity telah disediakan fasilitas untuk membuat game object standar seperti cube, cylinder,
capsule, plane, camera, particle, light dan lain-lain. Kita juga bisa membuat game object kita sendiri yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, seperti model manusia, hewan, ataupun model robot yang dapat kita buat menggunakan software lain seperti Blender, Maya atau 3D Max. 

Loh kok, game objectnya tiga dimensi semua... Terus bagaimana dengan yang dua dimensi ??

Jadi untuk game object 2D atau biasa disebut dengan Sprites kita bisa membuatnya dengan menggunakan software Inkscape, Corel Draw, Photosop, GIMP, Krita, Adobe Illustrator dll. 
Jangan salah sobat, untuk 2D unity juga menyediakan fasilitas untuk membuat game object 2D standar seperti Circle, Diamond, Hexagon, Polygon dan Triangle.

Seperti yang telah saya sebutkan di awal tadi, "setiap object di dalam game kita adalah sebuah GameObject". Terus bagaimana kita membedakan game object tersebut..?

Caranya tentu kita dapat membedakannya dengan melihat langsung bentuk game object tersebut dialam scene.

Terus bagaimana jika bentuk game object tersebut sama apakah masih ada perbedaannya..?

Tentu, perbedaannya terdapat pada component-component yang dimiliki game object tersebut,
component-component ini dapat kita lihat di panel Inspector. 

Baca juga :

Oke sekarang kita coba membuat game object standar di unity..!

1. Klik menu GameObject > 3D Object > lalu pilih game object yang kita inginkan, berikut hasil yang telah saya buat :

beelancah

2. Untuk membuat game object 2D, yaitu dengan cara klik menu GameObject > 2D Object > lalu pilih Sprite, dan hasilnya kita akan mendapatkan satu game object dengan nama New Sprite yang mempunyai component Transform dan Sprite Renderer.

beelancah

Sprite Renderer adalah component yang akan menampilkan gambar kita didalam Scene.
Misalanya saja kita telah membuat sebuah game object 2D di Corel Draw, lalu kita mengimportnya kedalam unity, agar gambar atau game object 2D ini dapat ditampilkan didalam Scene maka gambar kita tadi harus memiliki component Sprite Renderer.

3. Sekarang kita coba membuat game object 2D standar menggunakan Sprite Creator, yaitu dengan klik menu Assets > Create > Sprites > dan pilih game object yang kita inginkan, maka kita akan langsung mendapatkannya didalam folder Assets yang berada di panel Project.

beelancah


Lalu drag and drop game object tadi kedalam scene atau kedalam hiearchy, dan hasilnya :

beelancah

Oke, sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat. Maaf jika ada kesalahan dan tunggu postingan selanjutnya tentang Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 3.
Terimakasih dan sampai jumpa:).

0 Response to "Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 2 - Membuat GameObject"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel