Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 3 - Import Dan Settings Assets 2D

Import Dan Settings Assets 2D - Halo sobat, karena pada saat saya menulis postingan ini masih sekitar jam 4 sore...jadi selamat sore sobat:).

Oke, pada postingan sebelumnya kita telah belajar membuat sebuah GameObject sederhana jadi pada kesempatan ini kita akan belajar mengimport dan mensetting assets di unity.

Intinya sih, kali ini kita akan mencoba memasukkan assets baik itu sprites, texture, sounds, 3D model dan lain-lain kedalam unity. Pada dasarnyakan ketika kita akan membuat sebuah game baik 2D atau 3D pastinya kita membutuhkan yang namanya assets agar game yang akan kita buat ini benar-benar kompleks.

Dikatakan kompleks tidak hanya dalam soal game play dari game kita saja, tapi juga kompleks dari segi desain, sound effect, sound theme, story dari game itu pun bisa menjadi kunci sukses dari sebuah game. Dan masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah game sobat.

Kalau begitu ayok kita coba mengimport dan setting asset 2D di Unity, Kenapa hanya asset 2D kok tidak asset 3D juga...? oh iya sobat, pada kesempatan kali ini saya akan fokus untuk mengimport asset - asset 2D saja dan untuk mengimport asset 3D sobat bisa kunjungi blog berikut.

Langkah-langkah menimport dan mensetting asset 2D di Unity :

Note : 
  • Saya menggunakan Unity3d versi 5.5.1.xf1 
  • Jika sobat menggunakan versi yang berbeda mungkin tampilan dari Unity akan sedikit berbeda, jadi enjoy aja.
1. Jika sobat belum mempunyai assetnya, sobat bisa download contoh asset 2D yang telah saya sediakan berikut.

2. Buka software Unity3d sobat dan buat sebuah project baru, cara membuat project baru bisa dilihat di postingan sebelumnya.

3. Kita buat beberapa folder terlebih dahulu di dalam Project kita agar asset yang kita miliki dapat termenejemen dengan baik. Untuk membuat folder dapat dilakukkan dengan cara klik kanan pada folder Assets dan pilih Create > Folder.


4. Kita pilih terlebih dahulu folder Sprites yang telah kita buat, lalu klik kanan dan pilih Import New Asset 

5. Pilih asset yang telah sobat sediakan atau yang telah sobat download tadi.


6. Hasilnya akan jadi seperti berikut


7. Langkah diatas akan banyak menyita waktu kita karena cara mengimportnya secara satu-satu, jadi sekarang kita akan mencoba mengimport asset yang telah kita sediakan secara bersama-sama.

8. Buka direktori atau folder yang assetnya akan di import ke Unity, lalu kita drag and drop kedalam folder Sprites yang berada dalam unity.


9. Setelah selesai maka hasilnya akan seperti berikut


10. Sekarang kita pilih gambar/sprite yang telah kita import tadi dan kita akan coba mensettingnya, misalnya saja kita pilih sprite bg

11. Perhatikan pada tab Inspector, kita ubah settingnya seperti berikut dan jangan lupa untuk di apply


Oh iya sobat, pada saat melakukan hal ini kita harus memperhatikan ukuran / resolusi dari sprite asli kita, pada kasus ini sprites bg berukuran 1024x247 jadi di inspector pada bagian Max Size kita pilih 1024.

Jika sobat, memiliki sprites dengan ukuran 235x495 maka pastikan sobat memilih Max Sizenya 512.

Untuk lebih jelas kenapa hal ini dilakukan, berikut saya sediakan tautan Tip dan Triks dari salah satu developer game di indonesia

12. Selanjutnya kita coba setting sprite BolaAlien, karena sprite ini tidak hanya satu objek  (gambar) atau biasa disebut dengan sprite sheet. Maka cara mensettingnya agak sedikit berbeda.

13. Pilih sprite BolaAlien, pada tab Inspector ubah Sprite Mode dari Single menjadi Multiple dan di override serta pilih Max Size dan Formatnya.


14. Kembali ke Inspector lagi, pilih Sprite Editor dan akan tampil window baru seperti berikut


15. Pada bagian pojok kiri window sprite editor, sobat pilih slice dan pilih button slice


16. Setelah kita slice maka kita akan melihat bentuk kotak / garis yang memotong / memisahkan sprite kita, lalu pilih apply


17. Hasilnya akan seperti berikut

Nah...bagaimana sobat, mudah bukan menimport dan mensetting asset di unity.
Oh iya, pada saat kita melakukan langkah ke 15, sobat bisa mengubah Type, Pivot, Costum Pivot ataupun Method untuk men slice sprite sobat.


Sekian dulu postingan kali ini.. Mohon maaf jika masih terdapat kesalahan baik dari segi teknis maupun teori. Maklum saya sendiri juga masih newbie yang ingin sekedar berbagi.

Tunggu postingan selanjutnya tentang Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 4, terima kasih telah membaca, tetap semangat dan terus berkarya ^^.

0 Response to "Belajar Unity3d Bahasa Indonesia Bagian 3 - Import Dan Settings Assets 2D "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel