Tutorial Unity : Mengenal User Interface Pada Unity3D Bagian Pertama

Bermain game memang sangat menyenangkan dan tidak jarang juga kita dibuat lupa waktu karenanya. Lalu apakah kita pernah berpikir, bagaimana caranya membuat sebuah game ?

Oleh karenanya, Unity hadir sebagai software atau game engine yang dipakai untuk membuat sebuah game baik untuk game 2D maupun 3D. Untuk lebih jelas kita dapat melihat di websitenya www.unity3d.com

Okey, sebelum kita membuat game dengan Unity3D, terlebih dahulu kita harus memahami area kerja pada Unity3D, dengan begitu kita akan sangat terbantu saat mengerjakan sebuah game di Unity3D.

Berikut beberapa area kerja yang akan sering kita gunakan saat membuat game dengan Unity3d :

1. Scene
         Scene View adalah area kerja pada saat kita sedang membuat project dan ditampilkannya seluruh objek seperti image, model, texture yang terdapat dalam jendela Project View.



2. Project View
         Project adalah tempat ditampilkannya semua asset yang akan digunakan untuk membuat sebuah game, di jendela ini unity menyediakan fasilitas yang dapat membuat sebuah folder, script, shader seperti gambar berikut.

3. Game
            Game View adalah tempat ditampilkannya aplikasi yang dibuat di Scene View, coba kita tekan play atau aktifkan jendela game, maka project yang telah dibuat di Scane View dapat dijalankan di jendela ini.



4. Hierarchy
            Hierarchy ini merupakan tempat beradanya game object pada scene yang sedang aktif. Ketika kita berpindah scene, maka komponen dalam hierarchy akan berubah mengikuti scene yang sedang aktif.



5. Inspector
          Inspector atau properties suatu game object dalam unity. Contohnya ketika kita memilih salah satu game object maka akan ditampilkan informasi yang ada pada game object tersebut.


Untuk bagian pertama ini, itulah beberapa tampilan user interface yang wajib diketahui sebelum kita membuat game menggunakan Unity3D. Apakah cuma itu saja ? Jelas tidak, jadi tunggu catatan tutorial selanjutnya tentang Mengenal Antarmuka Pengguna (User Interface) pada Unity3D Bagian Dua.

 Jika teman-teman masih merasa bingung tanyakan aja lewat komentar.

Terimakasih telah membaca tutorial ini dan tunggu tutorial tentang Unity3D selanjutnya.  
       

6 Responses to "Tutorial Unity : Mengenal User Interface Pada Unity3D Bagian Pertama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel