Tutorial Unity – Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Tutorial Unity – Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Perbedaan input GetAxis dan GetAxisRaw pada unity – Halo sobat, selamat datang di beelancah tutorial.  Tidak jauh beda dengan tutorial sebelumnya, pada tutorial kali ini kita masih akan belajar dan mengenal perbedaan yang ada pada Input GetAxis() dan Input GetAxisRaw().

Input.GetAxis

Jika kita lihat penjelesannya di website resminya unity, GetAxis ini akan mengembalikan suatu nilai sumbu virtual (“sumbu X dan Y untuk 2D” dan “sumbu X, Y dan Z untuk 3D”) yang diindentifikasi oleh axisName (“Horizontal” dan “Vertical”).

Secara sederhana GetAxis menggunakan acuan “Horizontal” dan “Vertical” sebagai inpuntannya. Setiap inputan dari axisName ini nilainya akan berada di kisaran -1 … 1 untuk input keyboard dan juga joystick.

Tombol yang menjadi media input untuk axisName “Horizontal” umumnya adalah tombol “A” atau tombol “Arah Kiri” pada keyboard yang mana nilai dari Vector pada sumbu X akan berkurang dari 0 ke nilai negatif < 0. Dan tombol “D” atau tombol “Arah Kanan” nila Vector pada sumbu X akan bertambah dari 0 ke nilai positif > 0.

Sedangkan untuk tombol yang menjadi media input untuk axisName “Vertical” umumnya adalah tombol “S” atau tombol “Arah Bawah” yang mana nilai dari Vector pada sumbu Y akan berkurang dari 0 ke nilai negatif dan tombol “W” atau “Arah Atas” pada keyboard nilai Vector pada sumbu Y akan bertambah dari 0 ke nilai positif.

Kita juga bisa mengatur tombol input atau melihat opsi untuk setiap axisName sobat, cara melihatnya cukup dengan memilih menu Edit >> Project Settings >> Input. Maka pada Inspector kita akan keluar tampilan seperti berikut :

Unity – Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Tampilan di atas akan berbeda jika sobat menggunakan unity dengan versi 2018 ke atas.
Jadi kita juga dapat menggunakan salah satu InputManager di atas sebagai nama sumbu. Kita juga dapat dapat mengganti nama Input atau mengubah tombol positif dan lain – lain.

Input.GetAxisRaw 

Hampir sama dengan GetAxis, GetAxisRaw juga akan mengembalikan nilai sumbu virtual yang diidentifikasi oleh axisName.

Untuk nilainya juga sama, akan berada di kisaran -1 … 1 untuk input keyboard dan juga joystick.
Akan tetapi, karena input pada GetAxisRaw ini tidak smoothed (dihaluskan), input pada keyboard akan selalu berada pada nilai -1, 0 dan 1.

GetAxisRaw juga menggunakan acuan “Horizontal” dan “Vertical” sebagai inpuntannya.

Perbedaan Antara Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Oleh karena itu, perbedaan dari kedua input ini terletak pada output yang di hasilkan pada setiap input.

Untuk GetAxis output nilai yang dihasilkan akan terasa lebih smoothed (dihaluskan) berdasarkan pengaturan “sensitivitas” sehingga nilai berubah secara bertahap dari 0 ke 1, atau 0 ke 1. 

Sedangkan GetAxisRaw hanya akan mengembalikan nilai 0, -1 atau 1 sama persis dengan asumsi input digital seperti keyboard atau tombol joystick.

Bagaimana sobat, semoga dapat dipahami enggeh..

Untuk lebih jelasnya sobat dapat mengunjungi dokumentasi unity atau juga bisa mengunjungi link berikut https://answers.unity.com/questions/728949/difference-between-inputgetaxis-and-getaxisraw.html.

Contoh kode program dari GetAxis

Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Contoh kode program dari GetAxisRaw

Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw

Untuk melihat hasil dari kedua contoh kode programa di atas, sobat dapat membuat satu script baru di unity dan tuliskan kode program tersebut.

Lalu letakkan script pada Main Camera, maka ketika kita Play akan tercetak nilai dari variabel h dan juga v secara default adalah 0.

Untuk InputGetAxis, secara default nilai inputannya bernilai 0 dan jika kita menekan tombol ASWD atau arah panah pada keyboard maka pada Console akan terlihat bahwa variabel h dan v akan berkurang atau bertambah dari angka 0 secara perlahan ke angka 1 atau dari angka 0 secara perlahan ke angka -1.

Sedangkan untuk InputGetAxisRaw, nilai defaul dari inputnya bernilai 0 dan jika kita menekan tombol ASWD atau arah panah maka pada Console akan terlihat bahwa variabel h dan v nilanya secara langsung akan berganti menjadi -1, 0 atau 1.

Saya rasa tutorial ini cukup sampai disini dulu, jika sobat masih bingung atau ada yang belum jelas atau tutorial ini membuat sobat tambah bingung atau… atau .. atau. hehehe

Jangan ragu – ragu deh untuk melemparkan pertanyaannya melalui kolom komentar.

Juga jika sobat punya pendapat yang lain pada tutorial kali ini, yuk kita bahas lewat kolom komentar atau hubungi saya langsung juga enggak apa – apa. Saya welcome kok :D

Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa untuk mempraktekkannya.

Karena lebih baik mempraktekkannya walaupun hanya satu kali daripada kita membacanya berulang – ulang sampai seribu kali. CMIIW

0 Response to "Tutorial Unity – Perbedaan Input GetAxis dan Input GetAxisRaw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel