10 Cara Simpel Untuk Menghasilkan Game Desain yang Bagus

10 Cara Simpel Untuk Menghasilkan Game Desain yang Bagus
FEZ games 
10 Cara simpel untuk menghasilkan game desain yang bagus – Halo sobat, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips tentang beberapa elemen desain game yang penting dimiliki pada game, agar game yang sobat buat nantinya dapat menjadi lebih bagus (manarik, unik, memiliki nilai jual yang tinggi). Untuk mewujudkan hal ini jawabannya adalah bahwa proses pembuatan game itu harus dirancang dengan baik.
Pastinya saya juga masih dalam proses belajar dan terus belajar agar dapat menghasilkan game desain yang baik. Meskipun kita seorang programmer sekalipun, tidak ada salahnya jika kita belajar dan tahu banyak tentang hal ini.

Jadi postingan ini saya buat sebagai bahan catatan saya sendiri yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet. Yeps bener, 100 % asli dari internet :D.

Dikarenakan saya belajar membuat game juga benar – benar otodidak dan kebanyakan materi yang saya dapatkan dari media online seperti youtube, forum game dan website – website tentang game development.

Oke langsung saja sobat, berikut adalah beberapa cara simpel untuk menghasilkan game desain yang bagus dan harus sobat coba ikuti. Beberapa cara atau aturan ini saya dapatkan dari website giantbomb.com yang saya translate kedalam bahasa saya sendiri dan saya post pada blog ini.

NOTE : link untuk melihat artikel yang asli
https://www.giantbomb.com/profile/therpgfanatic/blog/10-simple-rules-for-good-game-design/61994/

1. Setiap permainan harus memiliki premis atau alasan (dasar pikiran), tema dan fokus yang ditentukan dari awal. Game juga harus memiliki target audience / pemirsa,  jangan hanya mendesain sistem game tanpa adanya konsep pusat dan kemudian sobat masukkan beberapa teks bumbu agar terlihat menarik.

Karena hal ini dapat menghasilkan sistem yang jauh dari konsep cerita dan akan mematahkan suspensi ketidakpercayaan terhadap para pemain. Jadi buatlah konsep game terlebih dahulu dan kemudian rancang aturan disekitar konsep itu. 

2. Verifikasi dan Validasi pada setiap langkah - langkah desain. Terus kita tanyakan pada diri sendiri, kira – kira apa yang seharusnya ada pada game. Tanyakan lagi pada diri kita sendiri apakah game nantinya akan menyenangkan dan setiap kali kita menambahkan ide atau mekanik baru,  periksa kembali game untuk memastikan game ini akan tetap menyenangkan bahkan dengan perubahan yang telah dilakukan.

Perlu untuk diingat apapun game yang kita buat, semua game itu adalah hiburan. Jika game gagal untuk menghibur target audience kita maka game tersebut dirancang / didesain dengan sangat buruk.

3. Jangan mendesain sebuah aturan permainan untuk mensimulasikan dunia virtual. Karena game bukan dunia virtual, mereka adalah suatu kegiatan sosial. Bahkan setiap game single player membutuhkan pemain untuk bersosialisasi dengan kecerdasam buatan atau Artificial Intellegence (AI). 

Pada dasarnya game adalah tentang bagaimana mempelajari aturan baru dan menerapkan aturan – aturan tersebut untuk mengatasi sebuah tantangan. Aturan ini memberitahu para pemain game bagaimana berperilaku.

Jangan mendesain mekanik game untuk menghasilkan perilaku yang mengurangi / menyebabkan game menjadi tidak menyenangkan.

4. Bunuh kecintaan kita, maksudnya kita jangan jatuh cinta dengan mekanik atau ide game apa pun. Setiap ide atau mekanik tersebut dapat menyakiti / merusak gameplay sehingga harus diubah agar bersinergi dengan semua game mekanik / ide lainya.

Jika sebuah ide tidak bisa bersinergi dengan desain game yang tersisa, bagian tersebut harus dihapus dan simpan ide tersebut untuk game yang berbeda.

5. Jangan membanjiri target audience kita dengan terlalu banyak pilihan. Dengan “terlalu banyak pilihan” ini sangat tergantung pada siapa target audience kita, tentu untuk game strategi roleplaying harus menawarkan lebih banyak pilihan dalam situasi tertentu dibandingkan game platformer 2D untuk anak – anak.

Tetapi setiap orang atau pemain game dapat kewalahan dengan banyaknya pilihan, dan ketika itu terjadi dapat mengakibatkan pemain menjadi terlalu takut untuk melakukan sesuatu atau mencoba terlalu banyak menyamaratakan.

Sekali lagi, mekanik sebuah game seharusnya memimpin pemain dan memberi tahu mereka bagaimana harus bersikap. 

Ketika kita bermain game multi – player sepeti MMORPG, kita tidak ingin orang – orang mengambil waktu setengah jam untuk melakukan sesuatu seperti mencoba memutuskan skill apa yang harus dipelajari sementara pemain lain menunggu mereka untuk memutuskan agar serangan dapat dilanjutkan.

Jadi untuk memberikan respek terhadap target audience kita, jangan membanjiri pemain dengan pilihan yang tidak perlu, terutama jika sebagian besar konsekuensi dari pilihan tersebut tidak sepenuhnya dijelaskan kepada pemain.

6. Memahami target audience kita. Banyak game yang crash dan hangus hanya karena para desainer tidak memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh target audience dari game yang dibuat.

Jadi sebelum membuat desain game kita harus mencoba terlebih dahulu beberapa game yang pastinya sudah dimainkan oleh para target audience kita. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pengalaman – pengalaman apa yang telah dimiliki oleh para pemain dan bagaimana perasaan mereka tentang pengalaman – pengalaman tersebut.

Contohnya jangan pernah membuat game untuk orang – orang yang menyukai game – game fantasi jika kita belum pernah memainkan game seperti World Of Warcraft, Dungeons and Dragons atau Final Fantasy.

Dan sebenernya lebih penting untuk memainkan game yang tidak disukai daripada game yang banyak disukai atau tidak terjual keras, karena kekurangan desain dalam game yang buruk cenderung lebih jelas daripada di game yang sukses.

7. Jika game kita akan menjadi / memiliki cerita yang berat, maka tuliskanlah cerita yang bagus. Sebuah cerita yang bagus berarti membuat karakter yang dimainkan oleh pemain akan membangun sebuah keterikatan emosional.  

Alasan terbesar cerita yang menjadi menyebalkan dalam game adalah karena kita sebagai pemain tidak peduli apa yang terjadi pada karakter dalam game, apalagi apa yang mereka katakan kepada kita.

Kita melewatkan begitu saja cutscenes dan selalu skip dialog box karena kita tidak peduli dengan teks yang ada karena penulis dan desainer telah gagal memberi kita alasan untuk peduli terhadap karakter. 

8. Sebuah game tidak mengaruskan atau memerlukan pemain untuk membaca banyak esai agar mereka belajar bermain. Desain game haruslah mengajarkan pemain cara bermain saat mereka bermain.

Setiap mekanik permainan yang tidak intuitif  dan membutuhkan penjelasan panjang dari posting di forum atau halaman situs web TIDAK harus menjadi bagian dari sebuah game.

Karena kita tahu orang – orang bermain video game untuk bersantai dari tempat bekerja atau sekolah, bukan untuk melakukan pekerjaan rumah tambahan.

9. Dengarkan umpan balik atau feedback dari pemain, tetapi pastikan feedback ini berasal dari target audiens game kita. Jika kita membuat game berdasarkan buku atau komik, jangan tanya kepada orang - orang yang tidak suka komik untuk menguji game kita.

Jika kita membuat game MMORPG maka jangan tanya kepada orang – orang yang jarang memainkan MMORPG untuk mengujinya.

10. Buatlah game yang bagus. Sebuah game yang bagus adalah game dengan tantangan positif dan terkadang mengejutkan pembuatnya atau developernya sendiri.

Kata kunncinya adalah “tantangan positif”, game yang membuat frustasi penciptanya sendiri akan membuat frustasi para pemain, dan game yang membosankan penciptanya sendiri akan membuat para pemain bosan.

Oke sobat, saya rasa cukup sekian dulu postingan tentang cara simpel untuk menghasilkan game desain yang bagus. Saya harap sobat suka dengan postingan saya yang seperti ini, saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa share dan komennya.

0 Response to "10 Cara Simpel Untuk Menghasilkan Game Desain yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel